Langsung ke konten utama

"Inilah Pencapaianku di Usia 40 Tahun"


Everything in life happens according to our time, our clock.

They have their own time and clock, and so do you

At age 25, Mark Cuban was a bartender in Dallas

It took till 32 for JK Rowling to be published for Harry Potter after being rejected by 12 publishers

Ortega launch Zara when he was 39. Jack Ma started 

Alibaba when was 35. Virgin was started by Richard Branson at 34

Getting your degree after 25 is still an achievment

Not being married at 30 but still happy is beautiful

Starting a family after 35 is still possible

And buying a house after 40 is still great

Don't let anyone rush you with their timelines

Sebuah video motivasi dari Shetty Jay "membangunkan" saya. Di usia yang menginjak 27 tahun, saya belum merasakan kesuksesan. Namun ternyata, kesuksesan tiap orang punya waktunya sendiri.

Apa tolok ukur kesuksesan dan kebahagiaan? Sebagian mengatakan ingin kaya sebelum 30 tahun, ada yang ingin keliling dunia selagi muda, ada juga yang ingin terus hidup sehat. Semua orang ingin merasakan kesuksesan, setidaknya sebelum usia 40 tahun.

Usia 40 sangatlah pas. Not too young and not too old. Jika dihitung, saya masih memiliki 13 tahun lagi. Dan saya juga memiliki daftar impian yang harus saya capai sebelum usia 40 tahun agar hidup bahagia.

Apa sajakah itu? 

Keliling Indonesia
Saya lebih suka menikmati keindahan alam Indonesia. Negeri ini kaya akan alam, budaya dan sejarah. Sebelum usia 40 tahun, setidaknya saya sudah menginjakkan kaki di pelosok nusantara, baik gunung, laut, desa-desa adat dari barat sampai ke timur.

Konsisten menulis
Breakthrough saya adalah resign dari pekerjaan dan mengejar passion, menulis. Investasi terbaik dalam hidup salah satunya adalah dengan mengejar passion yang membuat hidup kita bahagia. Seperti pepatah, "Orang-orang akan dilupakan, tetapi tidak tulisannya".

Merencanakan masa depan
Mengatur keuangan demi masa depan adalah keharusan. Kita bisa berinvestasi pada bisnis, saham, unit link, dll. Gunanya untuk persiapan dana usaha atau persiapan masa pensiun. Kita juga wajib memiliki asuransi, terutama asuransi jiwa jika terjadi sesuatu seperti sakit, kecelakaan atau meninggal dunia. Manfaat Asuransi selain memberikan proteksi juga memberikan rasa aman untuk diri sendiri maupun keluarga.


Married and having babies
Siapa sih yang tidak mau menikah dan memiliki anak. Kebahagiaan akan terasa sempurna bila hidup bersama pasangan jiwa dan juga buah hati. Sayangnya, urusan jodoh memang hanya Tuhan yang tahu. Sambil menunggu jodoh, saya masih bisa menyiapkan beberapa hal, misalnya asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan sampai asuransi pendidikan anak.

Memiliki rumah
"Tak masalah tidak memiliki kendaraan karena masih ada kendaraan umum. Namun kita harus memiliki rumah karena tidak ada yang namanya rumah umum". Kalimat ini benar adanya, rumah atau tempat tinggal adalah investasi terbaik yang harus dimiliki sebelum usia 40 tahun. Karena itu, saya wajib memiliki tempat tinggal sendiri untuk saya dan keluarga.

Itulah mimpi-mimpi saya yang akan saya wujudkan sebelum usia 40 tahun. Namun seperti yang dikatakan oleh Shetty Jay. Semua orang memiliki waktunya masing-masing, mungkin saya tidak bisa meraih semua mimpi-mimpi itu, atau baru terwujud setelah 40 tahun. Namun saya akan bahagia dengan setiap pencapaian yang berhasil diraih, sehingga saatnya nanti dengan bangga saya akan berkata.

"Inilah pencapaianku di usia 40 tahun."

Komentar

  1. Baca judulnya, aku pikir kamu umurnya udah 60 tahun hehehe. Ternyata baru 27 toh. Saya baru tahun lalu menginjak umur kepala 3, dan seperti yang kamu tulis di atas, saya juga sempat berpikir dengan keras...apa saja yang sudah saya capai di usia kepala 3 ini? Dan jika suatu hari nanti saya berkepala 4, apa yang ingin sudah saya capai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha..
      Saya belum setua itu kokoh. Sekarang saja saya sudah berpikir keras apa saja pencapaian selama ini, dan berharap semakin berubahnya angka usia di depan setidaknya saya sudah berhasil menggapai my dreams..

      Hapus
  2. Ya ampun Den, aku kira ini tulisan orang yang udah menjelang pensiun tapi masih pingin married and having babies, hehehe... Moga2 tercapai ya, mengejar passion menulisnya. Bisalah...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tak Hanya Outfit, Jam Tangan Juga Bisa "Saltum"

Beberapa waktu lalu di suatu acara resmi, saya bertemu dengan seorang kawan. Ia memakai outfit batik lengkap dengan pantofel, namun ada sesuatu yang sedikit mengganjal. Ternyata ia memakai jam tangan digital bertipe sport. Tentu ini sedikit mengurangi tingkat "kekerenan"-nya hanya karena "saltum" jam tangan.

Lain halnya dengan seorang kawan lainnya dimana ketika kami traveling trekking ke curug, ia menggunakan jam tangan dengan bracelet stainless steel. Memang tipe ini tahan air, tapi untuk kegiatan outdoor sangat tidak disarankan karena selain lebih berat, bahan stainless steel juga berpotensi mencederai tangan dan tidak nyaman untuk heavy activity.

Berkaca pada kedua kasus ini, ternyata bukan hanya outfit saja yang bisa salah kostum. Aksesoris seperti jam tangan juga harus memiliki penempatan yang sesuai agar tidak saltum. Jangan sampai penampilan sempurna kita dari atas sampai bawah ternoda hanya karena menggunakan jam tangan yang kurang tepat. Jam tangan yang …

Perjalanan Menuju Pagi

Gelap gulita menyergap, namun tak menyurutkan kaki untuk melangkah..

Ribuan derap langkah kaki merayap dalam sendu, sebagian terantuk sebagian tertatih..

Cahaya kecil menerangi jalan, dengan keringat yang terhapus dinginnya pagi..

Setapak demi setapak, selangkah demi selangkah, tak ada kata untuk mundur..

Dari balik daun, semburat jingga terbangun dari tidur lelapnya..

Sedikit lagi..

Sedikit lagi..

Hanya tinggal beberapa tapak langkah kaki lagi..

Di atas sana, kaki-kaki yang sudah lelah melangkah beristirahat..

Menunggu..

Menunggu..

Dan menunggu..

Cahaya keemasan itu akhirnya muncul, membayar lelah ribuan pasang mata yang menantinya..

Sebagian terdiam..

Sebagian terkejut..

Sebagian bersikap tak acuh dan menyibukkan diri..

Tak ada yang lebih indah daripada melihat anugerah Tuhan, ciptaanNya yang sempurna..

Yang menandakan, hari ini adalah hari baru, semangat baru dan harapan baru..

Lupakan yang telah berlalu, mari songsong hari baru dengan senyuman..

Selamat pagi dunia..

Ayo, Kurangi Penggunaan Plastik!

Beberapa waktu lalu ramai di media sosial mengenai sampah plastik yang ditemukan dalam perut ikan. Ada pula biota laut yang habitatnya tercemar plastik sehingga mengiranya sebagai makanan. Atau cerita plastik kemasan makanan instan yang ditemukan masih utuh meski sudah lebih dari dua dekade terombang-ambing dan mengapung di laut.

Permasalahan sampah plastik sudah menjadi masalah internasional. Banyak negara yang mengupayakan berbagai cara untuk menekan angka jumlah sampah plastik. Salah satunya dengan memproduksi plastik ramah lingkungan yang mudah hancur dalam waktu relatif singkat. Selain itu, juga dengan cara meminimalisir penggunaan plastik.

Sebagai wujud cinta terhadap bumi yang kita pijak dan hirup udaranya ini, sudah sepatutnya kita berperan serta dalam upaya menekan jumlah sampah plastik. Bukankah banyaknya sampah plastik juga akibat perbuatan manusia. Karena itulah kita bisa turut aktif dalam kampanye minimalisir penggunaan plastik, yaitu dengan cara:


1. Mengganti plastik de…