Langsung ke konten utama

Digital Nomad, Content Creator dan Laptop Mumpuni

Digital nomad (sumber: pexels.com)

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, profesi atau pekerjaan kian bervariatif. Jika dulu tuntutan pekerjaan mengharuskan seseorang harus bekerja selama delapan jam per hari di kantor yang jauh dari rumahnya, kini sudah banyak pekerja yang bisa menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya tanpa harus ngantor.

Sepuluh tahun silam, mungkin kita tidak pernah membayangkan bahwa akan ada pekerja yang lebih banyak menghabiskan waktu di kafe, resto, di rumah bahkan saat berlibur. Inilah salah satu imbas dari canggihnya teknologi masa kini. Mereka mendobrak "aturan" baku dalam bekerja karena tak harus berlama-lama di kantor (bahkan sampai lembur) dan harus berjalan pulang pergi yang berisiko terjebak macet.

Pekerja-pekerja semacam ini disebut sebagai kaum digital nomad. Berasal dari kata digital karena umumnya bekerja di sektor digital, dan nomaden yang artinya mereka bekerja berpindah-pindah dan tidak memiliki kantor tetap. Pekerjaan mereka hanya membutuhkan dua hal, gadget dan koneksi internet. Gadget atau gawai yang digunakan biasanya adalah laptop, smartphone dan modem wi-fi (jika lokasi "kerja" tidak memiliki sambungan internet).

Remote working (sumber: pexels.com)

Ciri-ciri dari pekerja digital nomad adalah mereka memiliki fleksibilitas dalam waktu dan tempat saat bekerja. Mayoritas bekerja secara remote. Beberapa bahkan ada yang bekerja secara independen atau tidak terikat dengan korporat yang lazim disebut freelancer. Tak bisa dipungkiri, digital nomad juga melahirkan profesional-profesional kreatif sesuai bidangnya masing-masing.

Profesi-profesi dari para digital nomad pun bermacam-macam. Ada yang bekerja sebagai penulis, programmer, trader, desainer atau pengembang website, fotografer, penerjemah, internet marketing, konsultan, dll. Namun, ada salah satu profesi yang erat kaitannya dengan teknologi dan banyak dilakoni oleh pekerja digital nomad di Indonesia, yaitu content creator.

Apa itu Content Creator?

Sebelum membahas tentang content creator yang mungkin masih awam bagi sebagian orang, bagaimana jika saya menyebut Youtuber. Yes! Remaja-remaja zaman now pasti lebih familiar dengan profesi satu ini. Hanya dengan membuat sebuah video yang unik, menarik dan viral, pundi-pundi uang akan berdatangan.

Tak heran jika profesi sebagai youtuber tiba-tiba menjadi cita-cita kids zaman now, tak seperti dua dekade silam dimana masih banyak anak-anak yang bercita-cita sebagai dokter, polisi, pengacara bahkan presiden.

Content creator (sumber: pexels.com)

Tapi tahukah Anda bahwa youtuber hanyalah salah satu cabang profesi dari content creator? Yups, content creator adalah profesi yang membuat suatu konten, baik berupa tulisan, gambar, video, suara ataupun gabungan dari dua atau lebih materi. Bila youtuber adalah profesi yang menggabungkan konten video dan suara, tentu ada profesi lainnya yang berfokus pada materi tertentu.

Sebut saja profesi sebagai writer yang lebih mengedepankan konten tulisan, atau seorang fotografer, ilustrator atau graphic designer yang lebih menitikberatkan pada gambar. Contoh lainnya, meme creator yang 'kerjaannya' adalah mengedit-edit gambar. Lalu masih ada videografer dan juga vlogger yang selalu membuat video-video kreatif nan menarik.

Tingginya minat pada profesi content creator tak lepas dari semakin canggihnya teknologi internet serta social media. Tak dipungkiri, media sosial memiliki pengaruh kuat dan signifikan pada perkembangan profesi sebagai content creator.

Selain youtube yang melambungkan youtuber, ada instagram yang menciptakan profesi sebagai selebgram, buzzer dan juga influencer. Para vlogger (video blogger) juga tak ketinggalan memanfaatkan kedua social media ini.

Content creator and business (sumber: pexels.com)

Di antara profesi-profesi content creator tersebut, ada satu profesi yang tak lekang oleh zaman dan akan selalu eksis sebagai pencipta konten yang menarik dan inovatif. Apakah itu? Tentu saja profesi saya saat ini, blogger!

Blogger sebagai content creator zaman now

Mungkin banyak orang memiliki persepsi bahwa blogger hanyalah seorang penulis atau writer saja. Tak salah karena blogger memang berfokus pada materi tulisan, namun blogger kini sudah lebih dari sekedar writer! Seperti yang sudah dijelaskan, blogger adalah profesi yang tak lekang oleh zaman. Kecanggihan teknologi dan modernisasi membuat profesi penulis naik kelas menjadi blogger.

Blogger kini juga menjadi content creator yang cukup komplit. Ketatnya persaingan sebagai sesama pembuat konten membuat para blogger dituntut untuk semakin kreatif. Jadilah selain menulis konten berkualitas, saya juga harus melengkapinya dengan konten menarik seperti foto-foto yang ketjeh, infografis, komik ilustrasi, editing gambar, bahkan video untuk menarik perhatian para pembaca.

Tools for content creator (sumber: pexels.com)

Tentu saja untuk mengakomodir konten-konten kreatif tersebut mau tak mau sebagai blogger saya juga harus memiliki, setidaknya, keahlian dasar materi-materi konten lainnya. Misalnya belajar teknik fotografi atau cara membuat vlog yang baik. Blogger juga harus selalu adaptif dan fleksibel dalam menyesuaikan kontennya sesuai selera pasar tanpa meninggalkan ciri khas dan idealismenya.

Untuk menghasilkan konten-konten kreatif dan menarik, pastinya dibutuhkan gawai yang mumpuni dengan teknologi terkini. Bagi para blogger, alat perang atau senjata utama mereka adalah sebuah laptop. Selain lebih nyaman untuk menulis, laptop juga bisa digunakan untuk membuat konten kreatif lainnya.

Proses editing gambar dan video tentu akan lebih optimal jika menggunakan laptop. Tak hanya itu, blogger juga bisa semakin mempercantik tampilan blognya lewat tampilan penuh di layar laptop.

It's time to work 'n roll (sumber: pexels.com)

Lalu, laptop apakah yang cocok untuk tuntutan profesi sebagai blogger dan content creator zaman now?

ASUS VivoBook A407

Laptop adalah gadget utama untuk meningkatkan produktivitas kerja. Laptop juga banyak digunakan oleh para profesional di lingkungan kerja konvensional maupun profesional kreatif seperti digital nomad. Sebagai salah satu produsen laptop yang mutakhir dan berkualitas, ASUS melihat adanya peluang dan pangsa pasar untuk mengakomodir para profesional kreatif, terutama content creator seperti blogger, lewat seri terbaru ASUS VivoBook A407.

Sebagai blogger, saya membutuhkan gadget muthakir dengan teknologi terkini dan performa mumpuni. VivoBook A407 pun hadir untuk mengoptimalkan kinerja para blogger dalam menciptakan konten kreatif dengan fitur-fitur kekinian. Apa sajakah itu? Berikut uraiannya.

ASUS VivoBook A407 (sumber: oketekno.com)

Tipis & Ringan

Delapan tahun silam, saya menggunakan laptop yang berukuran besar dan cukup berat. Jika harus membawa laptop, saya pun harus memasukannya ke dalam tas daypack. Namun, berbeda dengan VivoBook A407. Untuk kelas laptop berukuran 14 inci, VivoBook A407 memiliki ukuran yang tipis dan bobot yang sangat ringan, hanya 1.55 kg.

Dengan ukuran yang tipis, ringan dan sangat portabel ini, tentu akan semakin memudahkan saya dalam mobilisasi atau berpindah tempat. Bahkan cukup menenteng laptop saja jika ingin berpergian ke kafe, resto atau co-working space. VivoBook A407 jelas sangat cocok untuk para content creator dan juga pekerja digital nomad.

NanoEdge Display

ASUS VivoBook A407 hadir dengan tampilan ultra tipis dengan fitur NanoEdge yang memaksimalkan ukuran layar sambil meminimalkan ukuran tubuh dengan rasio layar-ke-tubuh 73,8%. Selain itu, bezel tipis yang hanya 7,1mm memberikan user experience dengan layar yang lebih lebar serta tampilan yang lebih imersif.

Layar Full HD 14" dan sudut pandang hingga 178° juga membuat user semakin nyaman dalam menggunakan laptop ini. Dengan kecanggihan layar dan fitur display yang mumpuni tentu akan membuat kinerja para blogger kian meningkat.

VivoBook A407 (sumber: asus.com)

Fingerprint Sensor

Faktor keamanan adalah concern utama saya pribadi sebelum membeli gadget, dan VivoBook A407 ternyata telah disematkan sensor sidik jari. Terletak pada touchpad, pemindaiannnya juga cepat dengan akurasi 360°, bahkan ketika tangan basah. Kini saya tak perlu mengingat dan mengetik kata sandi yang rumit, juga tak perlu khawatir dicuri.

Sensor sidik jari bisa digunakan untuk semua yang berhubungan dengan login. Tak hanya itu, VivoBook A407 ini juga didukung dengan fitur Windows Hello yang umumnya hanya ada di laptop kelas atas. Dengan Windows Hello, saya bisa langsung sign-in ke Windows 10 yang sudah terinstal di laptop ini hanya dengan sentuhan jari.

Visual Menarik

Demi memperkaya konten kreatif dengan tampilan visual yang menarik, ASUS membekali laptop ini dengan teknologi pengoptimalan visual ASUS Splendid untuk semua jenis konten.

Launching A407 (sumber: teknosaurus.com)

Terdiri dari empat mode tampilan: Mode Normal yang ideal untuk tugas sehari-hari, Mode Vivid yang mengoptimalkan kontras untuk menghasilkan foto dan video yang menakjubkan, Mode Eye Care (Perawatan Mata) dengan mengurangi tingkat cahaya biru untuk mengurangi ketegangan mata, dan Mode Manual dimana saya dapat melakukan penyesuaian warna yang dipersonalisasi.

Selain itu, masih ada teknologi ASUS Tru2Life Video yang mengoptimalkan setiap piksel dengan cerdas dalam suatu frame video. Dengan begitu, ketajaman dan kontras akan meningkat hingga 150% sehingga penggunanya akan menikmati kualitas gambar sebaik mungkin. Fitur-fitur inilah yang akan semakin memperkaya konten gambar, suara maupun video di blog pribadi saya.

Audio Terbaik

ASUS memberikan pengalaman audio terbaik lewat tekonologi ASUS SonicMaster dan ASUS Audio Wizard yang memberikan perpaduan sempurna antara hardware, software dan penyetelan audio. ASUS SonicMaster menggunakan codec kelas profesional untuk memastikan pengkodean dan penguraian audio yang tepat, dan menggunakan amplifier, speaker besar dan ruang resonansi yang sangat cocok untuk perangkat pengguna.

Sementara ASUS Audio Wizard adalah perangkat lunak yang kuat yang membuatnya mudah untuk mencapai keseimbangan audio yang ideal untuk semua jenis konten. Ada juga opsi pengaturan manual sehingga saya dapat mengontrol sepenuhnya bauran audio untuk suara yang benar-benar imersif.


Laptop mumpuni! (Sumber: id.priceprice.com)

Performa Mumpuni

VivoBook A407 didukung oleh prosesor Intel Core™ i3 dengan RAM yang dapat diupgrade hingga 8GB dan GPU-nya menggunakan NVIDIA GeForce MX110 graphics. Ruang penyimpanannya juga cukup besar, yakni 1TB HDD. Jadi saya tak perlu khawatir jika harus menyimpan banyak data.

Dengan dapur pacu tersebut, performa laptop ini sangat mumpuni dan ideal untuk komputasi dan hiburan sehari-hari. VivoBook A407 adalah laptop serba guna yang memiliki semua yang saya butuhkan.

IceCool & Fast Charging

Biasanya, laptop akan panas setelah digunakan selama berjam-jam. ASUS paham bahwa pendinginan laptop sangat penting untuk pengalaman komputasi pengguna sehingga menyematkan teknologi ASUS IceCool pada VivoBook A407. Teknologi ini menggunakan kontrol kipas yang cerdas, pipa panas tipis dan desain yang smart untuk menciptakan sistem pendinginan yang efisien.

IceCool dapat menjaga suhu permukaan palm rest rata-rata di bawah 36° C yang lebih rendah dari suhu tubuh sehingga pengguna mendapatkan kinerja pendinginan yang kuat dan user experience yang nyaman.

Selain itu, daya tahannya juga cukup kuat dengan 3x masa pakai baterai lithium-ion standar. Teknologi fast charging juga memungkinkan baterai yang rendah dapat diisi hingga 60% hanya dalam 49 menit. Kini saya tak perlu takut jika laptop cepat lowbat, atau terpaksa berlama-lama karena menunggu daya terisi penuh.

Resmi diluncurkan (sumber: berkabar.id)

Pilihan cerdas untuk content creator

Sebagai blogger yang dituntut untuk menghasilkan konten kreatif, menarik, inovatif dan berkualitas, fitur-fitur VivoBook A407 tentu sangat membantu pekerjaan saya sebagai content creator. Bobotnya yang tipis dan ringan akan memudahkan saya untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, tampilan audio dan visualnya juga sangat membantu menghasilkan konten berkualitas baik gambar maupun video.

Sebagai pekerja digital nomad, saya juga membutuhkan fitur keamanan untuk setiap data-data di laptop yang kini diakomodir lewat sensor sidik jari. Belum lagi tampilan displaynya yang lapang memberikan kenyaman saat bekerja. Desainnya juga eye-catching dan bergaya dengan pilihan warna Star Grey dan Icicle Gold.

ASUS VivoBook A407 adalah laptop mumpuni dan mutakhir yang akan menjadi pilihan cerdas bagi para content creator. Fitur-fitur yang lengkap dan kekinian pastinya akan membuat konten yang kita buat semakin naik kelas. Dengan demikian, profesi Blogger sebagai content creator akan semakin diperhitungkan dalam industri kreatif dan industri digital.

Pilihan cerdas untuk blogger (sumber: tek.id)

Tak perlu lama menunggu, jika Anda membutuhkan laptop dengan teknologi terbaik dan performance yang oke, VivoBook A407 adalah jawabannya. Harganya pun juga sangat terjangkau untuk laptop sekelasnya.

So, what are You waiting for? It's time to taking Your content to the next level!

Komentar

  1. Info yang bermanfaat, makasih masbro. Jadi ada gambaran tentang spesifikasi laptop ini.

    BalasHapus
  2. Terima kasih informasinya. Sangat bermanfaat. Jika tidak keberatan, yuk saling mengikuti tuk berbagi. https://ceriakristi.blogspot.com/ Sebelumnya, terima kasih! Salam

    BalasHapus
  3. Jadi ngiler baca spesifikasinya pas banget laptop udah lemots, ganti vivobook A407 aja apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti lah ganti pake ASUS VivoBook A407, kualitas dan harganya worthed.. 👍🏼

      Hapus
  4. Hmm kalo auditor cocok gak yaa digital nomad :")

    Btw, hmm hmm kebetulan aku lagi milih2 mau beli laptop baru yg ringaaan jd kalo lg di komuter ga bikin pegel pundak. Pass banget baca informasi ini. Thanks mas deny!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo auditor kerjanya boleh remote di luar kantor bisa aja koq jadi digital nomad.. 😁

      Hapus
  5. Gw jd fokus sama profesi bloggernya. Tapi penghasilannya pasti gak tetap seperti pegawai kantoran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kerja keras dan konsistensi, kalau serius penghasilan jelas bisa di atas pegawai kantoran.. 😁

      Hapus
  6. Menunggu posting selanjutnya.

    BalasHapus
  7. Produk Asus memang bagus. Punyaku udah 6 th masih awet sampe skrg.
    Https://helloinez.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, recomended sekali ya laptop asus ini 👍🏼

      Hapus
  8. ASus memang kece, aku udah pake Asus dari 2014. Terus ngiler pas baca spek dan liat bodynya Asus VivoBook A407.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ariana dan Kata Hatinya

Malam itu hujan deras turun. Dengan tergesa-gesa gue langsung menuju restoran dimana teman-teman janjian kumpul disana. Seperti biasa, yang janji mau ngumpul ada enam-tujuh orang, yang baru nongol baru satu orang. Dari jauh terlihat Cindy sedang sibuk membuka buku menu sambil sesekali melirik smartphone yang ditaruh tepat di sampingnya.

"Baru lu doang nih yang dateng? Yang lain pada kemana?" tanya gue sambil menarik kursi.

"Eh, Wil. Baru nyampe lu? Tau nih, yang lain pada ngaret," jawab Cindy sambil menggerutu.

"By the way kemana aja lu? Sok sibuk banget sih. Kemarin pas mau nonton bareng, bilangnya lagi lembur. Pas diajak CFD, malah meeting sama klien di luar. Sibuk banget lu kerja, kaya juga nggak. Hahhaha.." Cindy tertawa sambil meledek.

"Iya, iya.. sorry. Lagi banyak kerjaan nih," kata gue memelas sambil memanggil pelayan untuk pesan minuman.

Tak berapa lama, terlihat seorang wanita berlari kecil menghampiri kami dengan pakaian yang sedikit lep…

Perjalanan Menuju Pagi

Gelap gulita menyergap, namun tak menyurutkan kaki untuk melangkah..

Ribuan derap langkah kaki merayap dalam sendu, sebagian terantuk sebagian tertatih..

Cahaya kecil menerangi jalan, dengan keringat yang terhapus dinginnya pagi..

Setapak demi setapak, selangkah demi selangkah, tak ada kata untuk mundur..

Dari balik daun, semburat jingga terbangun dari tidur lelapnya..

Sedikit lagi..

Sedikit lagi..

Hanya tinggal beberapa tapak langkah kaki lagi..

Di atas sana, kaki-kaki yang sudah lelah melangkah beristirahat..

Menunggu..

Menunggu..

Dan menunggu..

Cahaya keemasan itu akhirnya muncul, membayar lelah ribuan pasang mata yang menantinya..

Sebagian terdiam..

Sebagian terkejut..

Sebagian bersikap tak acuh dan menyibukkan diri..

Tak ada yang lebih indah daripada melihat anugerah Tuhan, ciptaanNya yang sempurna..

Yang menandakan, hari ini adalah hari baru, semangat baru dan harapan baru..

Lupakan yang telah berlalu, mari songsong hari baru dengan senyuman..

Selamat pagi dunia..

Tak Hanya Outfit, Jam Tangan Juga Bisa "Saltum"

Beberapa waktu lalu di suatu acara resmi, saya bertemu dengan seorang kawan. Ia memakai outfit batik lengkap dengan pantofel, namun ada sesuatu yang sedikit mengganjal. Ternyata ia memakai jam tangan digital bertipe sport. Tentu ini sedikit mengurangi tingkat "kekerenan"-nya hanya karena "saltum" jam tangan.

Lain halnya dengan seorang kawan lainnya dimana ketika kami traveling trekking ke curug, ia menggunakan jam tangan dengan bracelet stainless steel. Memang tipe ini tahan air, tapi untuk kegiatan outdoor sangat tidak disarankan karena selain lebih berat, bahan stainless steel juga berpotensi mencederai tangan dan tidak nyaman untuk heavy activity.

Berkaca pada kedua kasus ini, ternyata bukan hanya outfit saja yang bisa salah kostum. Aksesoris seperti jam tangan juga harus memiliki penempatan yang sesuai agar tidak saltum. Jangan sampai penampilan sempurna kita dari atas sampai bawah ternoda hanya karena menggunakan jam tangan yang kurang tepat. Jam tangan yang …