Langsung ke konten utama

Tak Hanya Outfit, Jam Tangan Juga Bisa "Saltum"

Jangan sampai saltum! (sumber: pexels.com)

Beberapa waktu lalu di suatu acara resmi, saya bertemu dengan seorang kawan. Ia memakai outfit batik lengkap dengan pantofel, namun ada sesuatu yang sedikit mengganjal. Ternyata ia memakai jam tangan digital bertipe sport. Tentu ini sedikit mengurangi tingkat "kekerenan"-nya hanya karena "saltum" jam tangan.

Lain halnya dengan seorang kawan lainnya dimana ketika kami traveling trekking ke curug, ia menggunakan jam tangan dengan bracelet stainless steel. Memang tipe ini tahan air, tapi untuk kegiatan outdoor sangat tidak disarankan karena selain lebih berat, bahan stainless steel juga berpotensi mencederai tangan dan tidak nyaman untuk heavy activity.

Berkaca pada kedua kasus ini, ternyata bukan hanya outfit saja yang bisa salah kostum. Aksesoris seperti jam tangan juga harus memiliki penempatan yang sesuai agar tidak saltum. Jangan sampai penampilan sempurna kita dari atas sampai bawah ternoda hanya karena menggunakan jam tangan yang kurang tepat. Jam tangan yang senada dengan kegiatan maupun kondisi tentu akan membuat penampilan kita tambah stylish, fashionable dan tentunya, sangat keren!

Wearing the right watch (sumber: pexels.com)

Ada yang berkilah bahwa itu satu-satunya jam tangan yang dimiliki. Hey, jam tangan itu adalah salah satu investasi dalam penampilan. Jangan ragu membayar lebih mahal untuk investasi jangka panjang. Bukankah kemarin baru saja dapat THR, apalagi sebentar lagi gaji bulanan juga akan turun. So, inilah saat yang tepat untuk tampil keren dengan jam tangan terbaru yang pastinya akan menambah semangat dan kepercayaan diri Anda.

***

Mungkin banyak orang bertanya apa sih fungsi sebenarnya dari jam tangan, jika hanya sebagai penunjuk waktu bukankah sudah ada gadget seperti handphone atau smartphone. Memang benar, tapi apakah kita akan melihat ponsel terus menerus hanya untuk mengecek waktu.

Saya pribadi membutuhkan jam tangan, terutama untuk aktivitas luar baik ketika sedang berkendara atau berpetualang di alam bebas karena jika mengecek lewat smartphone rawan terjatuh bahkan dicuri. Jam tangan adalah penunjuk waktu paling efisien.

Tak hanya itu, seseorang yang menggunakan jam tangan akan lebih berwibawa dan elegan. Di mata orang lain, mereka yang mengenakan sebuah arloji terlihat memiliki kesibukan tersendiri, lebih disiplin, tidak suka membuang-buang waktu dan menghargai setiap detik yang terlewat. Bagi yang mengenakannya, jam tangan tentu akan membantu dalam mengatur dan memanage waktu.

Pentingnya jam tangan (sumber: pexels.com)

Mereka yang tak ingin tangannya kosong, selain memakai gelang maupun bracelet, jam tangan adalah aksesoris wajib. Dengan mengenakan jam tangan, tingkat kepercayaan diri akan ikut terdongkrak dan semakin bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari. Bayangkan jika Anda harus meeting atau ada jadwal presentasi di kantor. Menggunakan jam tangan akan membuat Anda semakin percaya diri dan menunjukkan profesionalitas.

Fungsi utama jam memang sebagai penunjuk waktu, namun jam tangan memiliki fungsi lain sebagai penunjang fashion, tren mode serta prestis. Tak bisa disangkal, jam tangan mahal, original dan branded akan meningkatkan gengsi serta status sosial seseorang di antara banyak orang.

Jam tangan juga tidak bisa dipisahkan dari dunia fashion. Kini sudah banyak jam tangan pria maupun jam tangan wanita di pasaran yang menunjang busana dan penampilan pemakainya.

Style, elegant and cool (sumber: pexels.com)

Dengan fakta-fakta tersebut, tentu bukan alasan lagi jika seseorang tidak menggunakan jam tangan atau hanya memiliki satu jenis jam tangan saja.

Ingin lebih hemat dan praktis? Kini sudah ada banyak jam tangan yang strap atau tali pengikatnya bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan. Inilah waktu yang tepat untuk menghindari 'saltum', tentunya dengan membeli jam tangan terbaru sesuai pilihan Anda.

***

Dengan banyaknya jenis dan tipe jam tangan, lalu jenis apakah yang cocok digunakan untuk kita? Pertama, pastikan bahwa Anda merasa sreg dan nyaman dengan jam tangan pilihan itu. Kedua, acara atau kegiatan apakah yang harus kita hadiri. Apakah untuk aktivitas sehari-hari, saat bekerja atau liburan. Dengan mengetahui situasi dan kondisi, tentu akan terhindar dari 'saltum' jam tangan.

Berikut ini adalah rekomendasi jam tangan yang sesuai dengan agenda Anda agar tetap terlihat keren dan elegan:

Untuk acara formal (sumber: pexels.com)

Formal

Ketika hadir di acara resmi, seperti pesta pernikahan, grand opening, meeting, forum diskusi dan sebagainya, busana formal sudah pasti menjadi outfit wajib. Untuk itu, jam tangan yang cocok adalah tipe analog maupun chronograph. Untuk strap, pilihlah yang jenis bracelet/rantai dari titanium maupun stainless steel.

Jika tangan Anda termasuk kecil dan terlalu berat menggunakan bracelet, carilah jam tangan dengan strap yang terbuat dari leather atau kulit. Namun pastikan bahwa Anda tak terlalu banyak bergerak atau berkeringat karena strap leather akan lebih cepat bau.

Semi formal (sumber: pexels.com)

Semi formal

Sama seperti acara formal, penggunaan jam tangan berjenis analog atau chronograph dengan strap kulit sangat pas digunakan untuk acara semi formal. Jam tangan jenis ini memang terlihat simpel dan elegan. Selain itu, bobotnya cukup ringan, nyaman dipakai dan ada banyak pilihan warna.

Casual time (sumber: pexels.com)


Daniel Wellington (sumber: pexels.com)

Casual
Untuk acara-acara santai, baik jam analog, chronograph, digital maupun ana-dig (perpaduan analog dan digital) sama-sama cocok untuk dikenakan. Kenyamanan pengguna adalah faktor utama. Pilihan strapnya juga bermacam-macam, mulai dari canvas, nylon/nato, atau rubber/karet.

Namun tiap strap punya kekurangan dan kelebihannya sendiri. Misalnya tipe rubber lebih anti air, sementara tipe canvas menyerap air sehingga lebih lama untuk dikeringkan. Untuk strap rubber, pilihlah yang berwarna gelap seperti hitam atau coklat tua karena warna lain seperti warna cerah cenderung lebih kusam.

Outdoor

Anda berjiwa petualang, menyukai aktivitas berat maupun sport. Jam tangan dengan strap rubber sangat cocok untuk Anda. Tipe ana-dig maupun digital juga direkomendasikan, selain itu jam tangan juga harus tahan banting, tahan debu dan tahan air (water resistant).

For outdoor (sumber: pexels.com)

Casio G-SHOCK (sumber: pexels.com)

Mereka yang hobi menyelam atau aktivitas dalam air pastinya membutuhkan aksesoris yang mendukung seperti jam tangan berjenis rubber. Untuk aktivitas darat, strap nylon juga akan menambah kesan military. Sifatnya yang lentur, lebih ringan dan tidak menyerap keringat membuat jam tangan dengan dua jenis strap ini cocok untuk Anda yang menyukai aktivitas outdoor.

Itulah beberapa jenis dan tipe jam tangan yang sesuai dengan aktivitas dan acara Anda. Jangan sampai harus saltum jam tangan lagi ketika menghadiri suatu acara, apalagi jika Anda yang menjadi sorotan atau pusat perhatian.

Dengan mengetahui fungsi-fungsi serta tipe yang arloji yang sesuai dengan acara Anda, kini tak perlu takut 'saltum' lagi. Outfit yang cocok dengan jam tangan yang sesuai akan menambah kesan elegan, stylish, berkelas dan meningkatkan kepercayaan diri.

***

Make your own style (sumber: pexels.com)

Bingung dalam memilih jam tangan? Tenang saja, thewatch.co memberikan banyak rekomendasi pilihan jam tangan baik jam tangan pria, wanita maupun unisex. Selain harga dan kualiatasnya yang bersaing, thewatch.co juga memberikan pilihan pembayaran melalui kartu kredit dari bank-bank yang bekerjasama. Ada pula layanan pengiriman gratis dan garansi ganti baterai seumur hidup.

Jangan lupa, jam tangan adalah salah satu investasi dalam penampilan. So, jangan ragu untuk membayar mahal demi investasi yang nilainya lebih dari materi tersebut.

Last but not least. Penampilan adalah penilaian pertama ketika orang lain melihat kita. Jangan sampai kita memberikan penilaian buruk dengan busana buruk maupun outfit yang tidak pada tempatnya. Jam tangan yang cocok dan sesuai akan menambah value kita di mata orang lain, dan pastikan bahwa aksesoris yang kita kenakan itu tidak saltum.

Respect your value

Respect your look

Respect your time



Komentar

  1. Outfit ini termasuk gaya hidup ya? Jamnya cakep nih. Jadi tau macam macam jam tangan dari tulisan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak..
      Jam tangan untuk menunjang lifestyle agar tetap keren..

      Hapus
  2. Wah berarti aku termasuk salah kostum dong kak. Soalnya aku mau pake baju apa aja pakenya jam sporty. Entah kenapa aku gak cocok aja kalau pake yang strap stainless steel atau yang ukurannya kecil gitu. Kaya nggak sesuai sama kepribadian aku. Kadang kalau mau rada formal aku suka pakai jam stainless steel mas suami yang ukurannya besar. Bikin artikel tentang model jam tangan sesuai kepribadian dong kak. Hejeje

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhhmm.. Tapi jadi terlalu subjektif kalo bikin artikel jam tangan sesuai kepribadian..
      Karna personality tiap orang beda2..

      Mau orangnya aktif dan ceria sekalipun dia juga harus tahu kapan waktu untuk tampil dengan outfit yg sesuai dengan tempatnya. Termasuk soal jam tangan. IMHO mbak, hehe..

      Hapus
  3. Akupun sering saltum sepertinya, karena jam tangan nggak punya banyak koleksi. Jam tangan yang buat outdoor n indoor ya itu-itu aja, hehehe. Jadi harus punya jam tangan berapa ya, untuk penampilan? Harus punya jam kikuo ibe lagi nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah, kemaren jam tangan dr Kikuo Ibe dikemanain?? 😂
      Cari yg bisa ganti strap aja, leather sama nylon. Jd kan bisa buat acara formal sama casual jg..

      Hapus
  4. Bener juga gan, saya pernah pake jam sport saat meeting kantor pake pakaian formal,, serasa agak mengganjal gmana gitu di mata,, hahaha,, akhirnya saya lepas aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha..
      Rasanya agak kurang pas yah..

      Hapus
  5. Yang gengges (atau saltum) itu kalau udah pakai baju formal kantoran, tapo jam tangannya yang Lego warna-warni gitu hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh itu sih nabrak dan nggak banget mbak. Wkwkwk

      Hapus
  6. Pake jam tangan juga harus tepat ya kak

    BalasHapus
  7. Saya masih mengandalkan HP untuk penunjuk waktu. Terima kasih atas artikelnya, ternyata jam tangan juga mempengaruhi penampilan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups..
      Jam tangan kini bukan sekedar penunjuk waktu saja, tetapi juga sebagai penunjang aksesoris..

      Hapus
  8. Hmm tapi susah cari jam tangan buat orang kurus kaya aku wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga kurus dan lingkar tangannya termasuk kecil. Tapi masih cocok pake jam tangan sport yg gede banget itu. Hahaha..

      Hapus
  9. Gaya pria keren memikat hati wanita. Apalagi pakai jam tangan emas. Cling cling mata berbinar binar .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhhhmmm..
      Koq aku lbh suka yg warna silver atw perak gitu yah. Kesannya lebih elegan. Hehe..

      Hapus
  10. Ih keren, tips jam tangan untuk tiap situasinya oke banget. Saya termasuk kolektor jam tangan yang murah meriah buat ganti-ganti kadng sesuai sama warna baju hehhehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mempercantik tampilan, kadang warna outfit dan aksesoris jg haru senada mbak. Hehehe..

      Hapus
  11. Asyik nih baca tulisan gini, ringan penting betah hahaha setuju karena jam tangan juga bagian dari life style penempatannya juga harus pas. Kalau aku baru taraf punya yang buat bergerak cepat dan manner2 hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, jam tangan sekarang adalah penunjang lifestyle agar tetap terlihat keren dan fashionable..

      Hapus
  12. jam tangan salah satu aksesoris wajib yang dikenakan. memang sih kita bisa lihat jam menggunakan ponsel tapi sebagai pengguna bus tj atau cl rasanya sulit mengeluarkan ponsel hanya untuk melihat jam. Jadi, memiliki berbagai jam untuk beragam kesempatan wajib

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak, jam tangan masih lebih fungsional.l ketimbang hp d situasi dan kondisi tertentu..

      Hapus
  13. Huhu aku dulu jaman SD suka banget pakai jam tangan karakter gitu biar dan ngerasa keren tapi pas SMP sampe sekarang ga pernah pake jam tangan lagi soale ga nyaman dan suka lupa pake aja 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jam tangan power ranger y mbak..
      Jaman saya sd tuh. Wkwkwk

      Hapus
  14. Bahahahahah bhuahaha berasa ketabok..
    Kayanya aku sering saltum jam tangan nih, sukanya sama G Shock cuma satu pula model2nya ntu lagi. Dipakenya dimana mana *kalo inget hahahaa

    BalasHapus
  15. Suamiku koleksi jam tangan. Mulai dari yg sporty, leather, stainless dll, dia punya. Ganti2 makenya. Kebalikan ama aku, paling ga suka pake jam tangan :p. Pernah dibeliin ama suami dan mertua, ilang ujung2nya. Kayaknya sih, dari zaman sekolah ampe skr, tiap pake jam tangan, pasti ilang. Mungkin krn itu, aku ga suka pake jam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh mesti hati2 tuh mbak, jam tangan memang trmasuk aksesoris kecil yang rentan hilang..

      Hapus
  16. Bener banget Den. Kita harus memiliki tidak hanya 1 jam tangan. Perlu berbagai versi.

    Salam hangat orang udik
    http://www.kompasiana.com/rakyatjelata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi bro, biar cocok untuk semua acara..

      Hapus
  17. Nais artikelnya, mampir juga ke blog aku bang, http://rezasiahaan.com

    BalasHapus
  18. Setelah baca-baca komentar, ternyata banyak juga yang saltum, sama kaya saya. Efek jam cuma satu. Apa ga ada jam yang bisa dipakai buat semua kostum ya? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya efek jam cuma 1 dan gak bisa dipakai atau cocok untuk semua acara. Hehehe

      Hapus
  19. Pasti malu ya kak, datang ke satu acara ternyata salah kostum

    BalasHapus


  20. waaah terimakasih sudah mengingatkan kalau sekarang saatnya beli jam tangan baru biar gak saljam (salah jam) hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Iya jangan sampe saljam lagi mbak..

      Hapus
  21. Wah sepertinya aku sering saltum jam tangan nih karena memang punya jam tangan hanya beberapa saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa diakali dengan jam tangan yg strapnya bisa diganti-ganti nih mbak..

      Hapus
  22. kayanya klo masalah jam kaya gini termasuk selera pribadi.. tp info ini bikin tau klo oh aku saltum. ahaha nice info ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selera pribadi atau yang penting nyaman boleh2 aja koq. Asal sesuai dan pas dengan acara/kegiatan..

      Hapus
  23. Aih. Baru tahu loh ada saltum gegara ham tangan :) soalnya saya seumur hidup ga pernah pakai jam tangan. Selain itu ada cara pemakaian juga ya, mesti di tangan kiri? Kalau saya pribadi ga terlalu ambil pusing orang pakai jam tangan apa di kesempatan apa...
    Makasih info nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap orang beda2 sih mbak. Tapi jam tangan bisa menunjang penampilan koq..

      Hapus
  24. waktu jamannya masih ngantor, penting pakai jam tangan ya, untuk menunjang penampilan :)

    setelah menikah dan punya anak, udah gak pernah pakai hehe soale klo liat jam tinggal buka hape ato nanya ke orang yg pakai jam tangan (gak modal deh gue hahhahaha)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk profesional, jam tangan emang penting mbak..
      Tapi kalau sudah nggak kerja lagi, paling hanya dipakai di acara2 tertentu..

      Hapus
  25. Wah..salah pemilihan jam tangan aja bisa jadi bikin ga oke penampilan ya..Tapi aku juga suka gitu sih, kalo kayaknya ga cocok, akhirnya ganti aja jamnya dengan gelang2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa koq klo pake gelang. Yg penting tangan jangan kosong aja..
      Hehe

      Hapus
  26. aku suka banget dengan jam tangan casual gan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ariana dan Kata Hatinya

Malam itu hujan deras turun. Dengan tergesa-gesa gue langsung menuju restoran dimana teman-teman janjian kumpul disana. Seperti biasa, yang janji mau ngumpul ada enam-tujuh orang, yang baru nongol baru satu orang. Dari jauh terlihat Cindy sedang sibuk membuka buku menu sambil sesekali melirik smartphone yang ditaruh tepat di sampingnya.

"Baru lu doang nih yang dateng? Yang lain pada kemana?" tanya gue sambil menarik kursi.

"Eh, Wil. Baru nyampe lu? Tau nih, yang lain pada ngaret," jawab Cindy sambil menggerutu.

"By the way kemana aja lu? Sok sibuk banget sih. Kemarin pas mau nonton bareng, bilangnya lagi lembur. Pas diajak CFD, malah meeting sama klien di luar. Sibuk banget lu kerja, kaya juga nggak. Hahhaha.." Cindy tertawa sambil meledek.

"Iya, iya.. sorry. Lagi banyak kerjaan nih," kata gue memelas sambil memanggil pelayan untuk pesan minuman.

Tak berapa lama, terlihat seorang wanita berlari kecil menghampiri kami dengan pakaian yang sedikit lep…

JNE Kini Bisa Kirim Paket ke Luar Negeri

Pernahkah Anda terpikir untuk touring ke luar negeri dengan kendaraan kesayangan? Para pecinta motor klasik dan legendaris pastinya tak ingin jauh dari tunggangannya. Namun perkara membawa motor ke luar negeri bukan hal yang mudah. Apalagi jika jaraknya terbentur laut, bukan daratan yang bisa dilalui kendaraan roda dua.

Jangan khawatir. JNE sebagai perusahaan kurir terbesar di Indonesia kini memiliki layanan untuk mengirimkan kendaraan roda dua ke luar negeri. Tentu saja keperluan pengiriman juga harus jelas, untuk keperluan pribadi, komersil, atau untuk eksebisi, alat profesional atau kemanusiaan. Karena itu dibutuhkan dokumen ATA Carnet atau CPD Carnet yang berfungsi layaknya paspor sebagai pengganti dokumen pabean nasional.

Dokumen ATA Carnet berfungsi sebagai dokumen impor dan ekspor sementara untuk barang-barang dengan keperluan pameran/eksebisi, alat profesional, pendidikan, keperluan pribadi wisatawan, keperluan pribadi olahraga dan untuk tujuan kemanusiaan. Sementara dokumen …