Langsung ke konten utama

Merasakan Sensasi Berkendara Dengan Toyota Avanza New Veloz


“Paling susah nyusul Avanza, karena setelah disusul, sudah ada lagi di depan.”

Idiom di atas bukan menyatakan bahwa Toyota Avanza adalah mobil berkecepatan yahud sehingga sulit untuk disusul atau dikejar. Idiom ini menunjukkan bahwa Avanza adalah "mobil sejuta umat" dan favorit keluarga sehingga jumlahnya banyak dan ada dimana-mana. Jadi setelah menyusul mobil Avanza, di depan masih ada mobil avanza lainnya.

Toyota Avanza pertama kali diperkenalkan pada 2003, sebagai mobil bertipe LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) alternatif setelah Toyota juga meluncurkan Kijang Innova sebagai pengganti Kijang Kapsul. Kebutuhan masyarakat akan mobil berkapasitas 7 penumpang dengan harga lebih terjangkau menjadi latar belakang diluncurkannya Toyota Avanza.

Selama 16 tahun, Toyota Avanza hadir dalam 3 generasi dengan berbagai perubahan signifikan dan inovasi teknologi untuk penyegaran. Toyota juga merilis "Veloz" sebagai upgrade premium dari Avanza agar masyarakat yang memilki bajet lebih besar bisa mendapatkan kenyamanan dan kecanggihan yang ditawarkan oleh Avanza.


Beberapa hari lalu, saya mendapatkan kesempatan untuk user experience atau menjajal kemampuan dari mesin bertenaga kuda dari Toyota ini. Seperti apa rasanya, simak ulasannya berikut ini.

***

Mobil yang saya tumpangi adalah Toyota New Veloz versi 2019 dengan tipe M/T dengan kapasitas mulai dari 1,3 liter atau 1329 cc. Sekilas, kendaraan yang memiliki panjang 4200mm, lebar 1660mm dan tinggi 1695mm ini tampil sangat kokoh dan lebih gahar bila dibandingkan dengan Avanza versi lawas.

Dengan mesin yang ditanamkan di dalamnya, tenaga yang dihasilkan Avanza New Veloz mencapai 95 horsepower sehingga dapat berjalan mulus dan terasa ringan. Hal ini saya rasakan dimana mobil terasa nyaman saat mengaspal. Tak ada lagi gajlukan atau bunyi mesin yang menggangu.

Beralih ke interior. Avanza New Veloz memiliki kapasitas 7 penumpang yang cukup lega. Kursi penumpang juga terlapisi kain yang premium dengan kualitas jahitan yang kuat dan rapi. Dashboard pun menonjolkan nuansa warna hitam bergaris silver. Perubahan lainnya, terdapat tombol Engine start/stop karena New Veloz sudah menggunakan kunci keyless.


Pada setir kemudi dilapisi kulit yang dilengkapi kontrol audio pada sebelah kiri setir. Sistem audio head unit sudah touch screen dan mendukung media CD, DVD, AM/FM, Bluetooth, USB, AUX, phone, dan iPod ready. Perubahan lainnya, kontrol AC sudah digital dan cukup menekan tombol putar knob, juga perubahan desain tempat minum pada bagian tengah mobil yang dapat diakses dari sisi baris kedua dengan penambahan soket charger mobil.

Baik penumpang dan pengemudi dapat merasakan kenyamanan yang ditawarkan dari sisi interior Avanza New Veloz. Selain tempat duduk empuk yang bisa disesuaikan kemiringanya, penumpang di kursi baris tengah juga dapat mencharge ponselnya lewat soket yang posisinya di belakang bangku pengemudi, dekat dengan pedal transmisi.

Bukan Toyota Avanza namanya jika hanya memberikan kenyamanan pada penumpangnya saja. Dari sisi keselamatan, facelift 2019 ini juga memiliki peningkatan fitur keamanan dan keselamatan. Di antaranya, penggunaan kunci immobilizer pada semua tipe New Veloz, ISOFIX fitting untuk pemasangan kursi bayi, sabuk pengaman tersilang pada penumpang ketiga di jok baris kedua, dan dilengkapi rem ABS (Anti-lock braking system).


Contoh kecilnya saja adalah ketika saya duduk di kursi penumpang di depan namun lupa memasang seatbelt. Tiba-tiba ada sebuah lampu yang berkedip yang menandakan bahwa saya belum memasang seatbelt. Ini adalah indikator lampu peringatan pemakaian sabuk pengaman untuk penumpang di depan. Fitur yang sederhana, namun sangat vital demi menjaga keamanan dan keselamatan penumpang agar terhindar dari kecelakaan dan tilang tentunya.

***

Pengalaman mencoba Toyota Avanza New Veloz meski hanya singkat namun berkesan. Dengan harga relatif terjangkau di kelasnya, mobil ini menawarakan keamanan serta kecanggihan yang mumpuni. Tak perlu takut mesin berbunyi apalagi ketika melewati jalan tak rata, Avanza New Veloz sanggup meredamnya. Tak perlu khawatir gadget lowbatt karena Avanza New Veloz memiliki soket charger lebih dari satu.


Tak perlu gundah bila menghabiskan banyak waktu di jalan, atau lebih tepatnya di mobil.Toyota sadar bahwa kendaraan kini sudah menjadi rumah kedua karena banyaknya waktu yang dihabiskan di jalan terutama di kota urban. Karena itu, Avanza New Veloz juga dilengkapi dengan media entertainment seperti audio head unit yang mendukung banyak media dengan koneksi yang lengkap. Menghabiskan 3-7 jam di jalan pun tak akan terasa.

Jadi tunggu apa lagi? Rasakan pengalaman berkendara dengan Toyota Avanza New Veloz.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tak Hanya Outfit, Jam Tangan Juga Bisa "Saltum"

Beberapa waktu lalu di suatu acara resmi, saya bertemu dengan seorang kawan. Ia memakai outfit batik lengkap dengan pantofel, namun ada sesuatu yang sedikit mengganjal. Ternyata ia memakai jam tangan digital bertipe sport. Tentu ini sedikit mengurangi tingkat "kekerenan"-nya hanya karena "saltum" jam tangan.

Lain halnya dengan seorang kawan lainnya dimana ketika kami traveling trekking ke curug, ia menggunakan jam tangan dengan bracelet stainless steel. Memang tipe ini tahan air, tapi untuk kegiatan outdoor sangat tidak disarankan karena selain lebih berat, bahan stainless steel juga berpotensi mencederai tangan dan tidak nyaman untuk heavy activity.

Berkaca pada kedua kasus ini, ternyata bukan hanya outfit saja yang bisa salah kostum. Aksesoris seperti jam tangan juga harus memiliki penempatan yang sesuai agar tidak saltum. Jangan sampai penampilan sempurna kita dari atas sampai bawah ternoda hanya karena menggunakan jam tangan yang kurang tepat. Jam tangan yang …

Perjalanan Menuju Pagi

Gelap gulita menyergap, namun tak menyurutkan kaki untuk melangkah..

Ribuan derap langkah kaki merayap dalam sendu, sebagian terantuk sebagian tertatih..

Cahaya kecil menerangi jalan, dengan keringat yang terhapus dinginnya pagi..

Setapak demi setapak, selangkah demi selangkah, tak ada kata untuk mundur..

Dari balik daun, semburat jingga terbangun dari tidur lelapnya..

Sedikit lagi..

Sedikit lagi..

Hanya tinggal beberapa tapak langkah kaki lagi..

Di atas sana, kaki-kaki yang sudah lelah melangkah beristirahat..

Menunggu..

Menunggu..

Dan menunggu..

Cahaya keemasan itu akhirnya muncul, membayar lelah ribuan pasang mata yang menantinya..

Sebagian terdiam..

Sebagian terkejut..

Sebagian bersikap tak acuh dan menyibukkan diri..

Tak ada yang lebih indah daripada melihat anugerah Tuhan, ciptaanNya yang sempurna..

Yang menandakan, hari ini adalah hari baru, semangat baru dan harapan baru..

Lupakan yang telah berlalu, mari songsong hari baru dengan senyuman..

Selamat pagi dunia..

Ayo, Kurangi Penggunaan Plastik!

Beberapa waktu lalu ramai di media sosial mengenai sampah plastik yang ditemukan dalam perut ikan. Ada pula biota laut yang habitatnya tercemar plastik sehingga mengiranya sebagai makanan. Atau cerita plastik kemasan makanan instan yang ditemukan masih utuh meski sudah lebih dari dua dekade terombang-ambing dan mengapung di laut.

Permasalahan sampah plastik sudah menjadi masalah internasional. Banyak negara yang mengupayakan berbagai cara untuk menekan angka jumlah sampah plastik. Salah satunya dengan memproduksi plastik ramah lingkungan yang mudah hancur dalam waktu relatif singkat. Selain itu, juga dengan cara meminimalisir penggunaan plastik.

Sebagai wujud cinta terhadap bumi yang kita pijak dan hirup udaranya ini, sudah sepatutnya kita berperan serta dalam upaya menekan jumlah sampah plastik. Bukankah banyaknya sampah plastik juga akibat perbuatan manusia. Karena itulah kita bisa turut aktif dalam kampanye minimalisir penggunaan plastik, yaitu dengan cara:


1. Mengganti plastik de…