"Tabungan Emas", Investasi Dari Pegadaian Syariah Untuk Milenial


Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata "Pegadaian" ?

Mayoritas menjawab, pegadaian adalah tempat dimana mereka yang membutuhkan uang "terpaksa" harus menggadaikan harta bendanya sebagai jaminan. Contohnya menggadaikan BPKB kendaraan, emas, perhiasan, gadget, dll. Singkatnya, imej pegadaian berada dalam konotasi yang cukup negatif.

Akan tetapi, pinjaman uang dengan jaminan hanyalah salah satu dari produk pegadaian. Nyatanya, masih ada produk-produk pegadaian lain yang bukan hanya utang-piutang saja tetapi juga investasi. Salah satunya adalah Pegadaian Syariah yang memiliki produk Tabungan Emas dengan target milenial.

Upaya peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan ini terus digenjot oleh PT Pegadaian Unit Usaha Syariah (Persero). Salah satu programnya adalah talkshow bertajuk "Halal Lifestyle Ala Milenial Pegadaian" yang diselenggarakan di The Gade Coffee & Gold, Kramat Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (7/9/2019), demi menanamkan prinsip konsumsi halal lifestyle di kalangan milenial.


Acara yang diinisiasi oleh Unit Usaha Syariah ini menghadirkan Ustad Ahmad Ifham Solihin dan Beni Martina Maulan, Kepala Divisi Unit Usaha Syariah PT Pegadaian (Persero) sebagai pembicara. Turut hadir dua influencer dari platform media sosial, Aliah L. Sayuti dan Majda Jedda sebagai narasumber. Talkshow ini juga dihadiri oleh media, blogger dan peserta dari kalangan milenial.

"Kami mengenalkan kepada milenial produk Pegadaian Syariah yang perlu diketahui anak-anak milenial saat ini. Pegadaian Syariah memiliki produk Tabungan Emas yang memiliki potensi dan manfaat bagus kepada milenial, karena nilai emas yang lebih dominan naik setiap tahunnya," ujar Beni.

Hal senada juga diungkapkan oleh Aliah maupun Majda yang mengatakan betapa pentingnya investasi untuk milenial. Apalagi milenial zaman now lebih cenderung menghabiskan uangnya untuk traveling dan gadget ketimbang investasi. Hadirnya Tabungan Emas dari Pegadaian Syariah menjawab kebutuhan para milenial yang ingin berinvestasi.


"Anak milenial biasanya hanya mencari uang dan kebutuhan. Mereka lebih mementingkan gengsi daripada jati diri. Namun saya lebih mementingkan harkat dan martabat orang tua daripada memikirkan diri sendiri. Salah satu caranya dengan berinvestasi," ujar Majda.

Kedua influencer ini juga sepakat bahwa emas adalah investasi yang cocok untuk milenial. Selain harganya yang cenderung naik, kini berinvestasi emas bisa lewat tabungan. Biasanya masyarakat membeli perhiasan atau emas batangan secara fisik, kini masyarakat sudah bisa menabung emas. Caranya cukup menyetorkan sejumlah uang dalam jumlah tertentu yang akan dikonversikan menjadi gram emas.

Selain tabungan emas, PT. Pegadaian Unit Usaha Syariah (Persero) juga memperkenalkan produk-produk unggulan lainnya yang berbasis syariah seperti Rahn Tabungan Emas (RTE), Rahn Tasjily Tanah (RTT), Rahn, Arrum Haji, Amanah, dan banyak lagi yang bisa menjadi pilihan masyarakat untuk kehidupan keuangan syariah yang lebih berkah.


Arrum Haji adalah produk pembiayaan untuk nasabah yang ingin mendapatkan seat kuota haji dengan sistem Rahn atau gadai, yaitu menggadaikan emas 24 karat seberat 3,5 gram. Ada lagi pembiayaan Rahn Tasjily tanah dari Pegadaian Syariah, yaitu pembiayaan berbasis syariah dengan jaminan sertifikat rumah dan bangunan. Sementara Amanah adalah produk yang memudahkan pembelian kendaraan dengan pinjaman sesuai syariah dengan tarif yang kompetitif.

Kini milenial tak perlu ragu lagi untuk datang ke pegadaian. Karena di pegadaian kita bukan hanya melakukan pinjaman saja, tetapi juga bisa berinvestasi melalui Tabungan Emas. Harapannya, kini milenial bisa lebih melek investasi serta mengedepankan halal lifestyle dalam kesehariannya.

Komentar

  1. saya udah investasi tabungan emas pegagdaian sejak tahun 2017, tapi belum ada produk2 ini mbak,makin beragam, makin banyak pilihan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer