"Healthies Run 5K", Membudayakan Jangan Mager Untuk Milenials


Di zaman serba canggih dan modern seperti sekarang ini semuanya serba cepat dan mudah. Contohnya, untuk memesan makanan saja kita cukup duduk sambil memainkan gadget. Berbagai kebutuhan hiburan, transaksi dan lain sebagainya bisa dinikmati dalam genggaman tangan secara online. Kemudahan ini secara tidak langsung menjadi akar dari budaya mageran, terutama di kalangan milenial.

Seperti kita tahu, kurangnya aktivitas fisik menjadi penyebab risiko timbulnya berbagai jenis penyakit. Belum lagi jenis makanan yang dikonsumsi cenderung rendah gizi seperti junk food serta makanan berlemak dan berminyak lainnya. Padahal, untuk menerapkan pola hidup sehat caranya sangat sederhana. Cukup rajin berolahraga dan menjaga pola makan.

Untuk olahraga, tak perlu yang ribet. Bermodalkan sepatu yang nyaman untuk jogging saja, semua orang bisa memperoleh tubuh yng sehat. Dan jika diagendakan secara rutin, budaya mageran pun akan tercerabut dari akarnya.


***

Menyadari pentingnya olahraga dan aktivitas fisik serta untuk mensosialisasikan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) pada masyarakat, Kementerian Kesehatan menggelar event "Healthies Run 5K 2019" pada Minggu (6/10/2019). Acara fun run ini diadakan di area kantor Kemenkes dengan rute 5 kilometer mengitari area Kuningan, Jakarta Selatan.

Sebanyak 1000 peserta yang terdiri dari rekan jajaran Kemenkes, lintas kementerian, TNI-Polri, Wartawan, lintas komunitas dan umum turut memeriahkan Healthies Run 5K. Ini adalah salah satu kampanye GERMAS yang bukan hanya untuk menggerakkan tetapi juga membudayakan generasi milenial agar jangan mager.



Turut hadir pula Nila F Moeloek beserta rekan jajaran Kemenkes lainnya yang berada di garis terdepan dan membuka lomba lari sepanjang 5 kilometer tersebut. Tepat pukul 06.30 WIB, semua peserta berlari melewati area kantor Kementerian Kesehatan dan Mega Kuningan. Ada pula peserta yang berpartisipasi dengan menggunakan kostum terbaiknya.

Setelah fun run, ada berbagai kegiatan interaktf lainnya seperti dialog dengan Menkes, zumba hingga doorprize dengan hadiah menarik mulai dari sepatu hingga sepeda. Apresiasi tersebut diberikan antara lain untuk 6 pelari tercepat (3 pria, 3 wanita), pelari dengan kostum unik, pelari termuda dan pelari tertua.



Sebagai penutup, Menkes juga mengingatkan kepada semua peserta untuk hidup sehat dan menerapkan GERMAS, sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Healthies Run 5K hanyalah salah satu dari sekian banyak kegiatan yang bisa dipilih sebagai aktivitas fisik. Masih ada banyak event fun run serta olahraga lainnya untuk membudayakan hidup sehat.

Tunggu apa lagi milenials, ayo budayakan jangan mager mulai dari sekarang!


Komentar

Postingan Populer