Khadijah Learning Center, Pusat Pemberdayaan Untuk Kaum Dhuafa Perempuan


Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang tahun 2018, jumlah penduduk prasejahtera kota Tangerang terhitung cukup tinggi, yakni mencapai lebih dari 923 ribu jiwa. Pemerintah pun berupaya mengentaskan kemiskinan ini dengan berbagai program pemberdayaan masyarakat mulai dari pemberian modal, pendampingan masyarakat dan bantuan pangan non-tunai (BNPT).

AXA Mandiri Syariah sebagai salah satu badan keuangan dan perlindungan untuk masyarakat turut berkontribusi secara aktif dengan mendukung upaya pemberdayaan masyarakat tersebut. Salah satunya adalah menyerahkan sebagian dana surplus underwriting kepada Islamic Dakwah Fund (IDF) pada September lalu. Dana tersebut disalurkan melalui Dompet Dhuafa yang digunakan untuk pengadaan Khadijah Learning Center.

Khadijah Learning Center adalah pusat pendidikan wirausaha dan pemberdayaan kaum dhuafa perempuan yang khusus memberikan pelatihan keterampilan di daerah Tangerang Selatan dan sekitarnya. Khadijah Learning Center menyediakan fasilitas ruang kelas keterampilan kecantikan agar peserta didik mahir merias wajah hingga menata rambut.

Pelatihan lainnya antara lain kelas keterampilan memasak, kerajinan tangan, tata busana hingga keterampilan mengasuh lansia. Khadijah Learning Center menampung perempuan yang putus sekolah, perempuan korban kekerasan, dan juga kaum muslimah yang ingin memperdalam ilmu agama serta mengembangkan kemampuan berwirausaha.


"Kegiatan ini adalah salah satu bentuk nyata kontribusi AXA Mandiri Syariah dalam memberdayakan masyarakat agar memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Kami berharap dana surplus underwriting ini dapat digunakan secara optimal dalam membantu mengembangkan keterampilan kaum dhuafa agar dapat mencapai potensi maksimalnya," kata Srikandi Utami, Chief of Sharia AXA Mandiri di Khadijah Learning Center, Tangerang Selatan, Kamis (24/10/2019).

Pada kesempatan yang sama, Yuniarko selaku Direktur Mobilisasi Wakaf Dompet Dhuafa juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada AXA Mandiri Syariah dan para nasabahnya dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Kami sangat mengapresiasi dan mendukung inisiatif AXA Mandiri Syariah dalam memajukan kualitas hidup masyarakat. Bantuan yang diberikan akan kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya demi kemaslahatan umat khususnya kaum dhuafa di Indonesia," tuturnya.


Sekedar informasi, Khadijah Learning Center  merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan penyaluran sebagian dana surplus underwriting AXA Mandiri Syariah tahun 2018 sejumlah lebih dari Rp 876 juta. Dana tersebut telah diserahkan secara simbolik kepada BAZNAZ pada bulan September lalu.

Melalui BAZNAZ, dana tersebut disalurkan ke tiga lembaga pengelola zakat, infaq dan sadaqah yakni Islamic Dakwah Fund (IDF) untuk pembangunan hunian sementara bagi para Dai di Palu, Mandiri Amal Insani untuk pengadaan air bersih di beberapa wilayah di Indonesia, dan Dompet Dhuafa untuk pembangunan komplek pendidikan wirasuha khusus kaum dhuafa.

Khadijah Learning Center sebagai ruang pelatihan keterampilan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas hidup khususnya kaum dhuafa perempuan agar sukses dan mandiri secara finansial.

Komentar

Postingan Populer