Langsung ke konten utama

Zuzhu & Zazha, Karakter Animasi Edukatif Untuk Generasi Alfa


"Susu saya susu bendera..."

Waktu kecil, jingle tersebut terngiang-ngiang di telinga saya. Apalagi saya termasuk generasi milenial yang tumbuh besar dengan mengonsumsi susu bendera atau Frisian Flag. Siapa sangka, Frisian Flag ternyata telah menjadi bagian dari pertumbuhan keluarga Indonesia sejak 1922!

Di bawah naungan PT Frisian Flag Indonesia (FFI), Susu Bendera menjadi salah satu produsen susu terdepan yang menyediakan produk bernutrisi untuk anak-anak dan keluarga. Usia yang hampir seabad tidak membuat FFI berhenti berinovasi. Salah satu inovasi terbarunya adalah memperkenalkan karakter animasi edukatif, Zuzhu dan Zazha.


Terinspirasi dari tetesan susu yang kaya manfaat kebaikan, Zuzhu dan Zazha hadir di kemasan baru susu cair Frisian Flag Milky yang tersedia dengan dua pilihan ukuran (115 ml & 180 ml) dan dua varian rasa (coklat dan stroberi). Tak hanya itu, duo karakter ini juga hadir dalam e-comic dan film animasi pendek dengan cerita yang inspiratif, edukatif dan akrab dengan kehidupan sehari-hari.

Zuzhu dan Zazha adalah salah satu upaya FFI dalam meningkatkan literasi gizi dan pembelajaran gaya hidup sehat sejak dini, terutama untuk generasi alfa atau yang lahir dari tahun 2010.

"Kami berharap kehadiran Zuzhu dan Zazha dapat menjadi alternatif konten edukasi menarik bagi anak yang menanamkan pesan budi pekerti yang baik, membiasakan pola hidup sehat, juga pengenalan susu sebagai pilihan minuman sehat dan aman," kata Aliah Shalihah, Head of Ready to Drink Category Frisian Flag Indonesia pada acara "The Launch of Zuzhu & Zazha" di TMII, Jakarta Timur, Minggu(29/9/2019).


Pada kesempatan yang sama, Putu Andani M.Psi selaku psikolog juga mengamini pemanfaatan animasi sebagai medium dalam membantu pembentukan karakter anak.

"Anak-anak menghabiskan 2-3 jam per hari untuk menonton konten digital baik dari TV atau website internet. Karakter animasi dapat menjadi salah satu media yang menginternalisasi karakter positif seperti kejujuran, empati, optimis, ramah, ceria, inovatif dan sebagainya," ujar Putu.

Lebih lanjut, Putu juga mengatakan bahwa pendampingan intens dari orangtua sangat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan otak anak.

"Ketika mendampingi anak menonton konten animasi, orang tua wajib mengetahui alur cerita dan sifat setiap karakter. Tujuannya agar ada pengawasan sekaligus menjadi momen diskusi yang mengalir dan interaktif bersama anak," lanjutnya.


Animator Indonesia, Bambang Gunawan Santoso atau biasa akrab disapa Mas Bambi juga berbagi pengalamannya dalam memanfaatkan animasi untuk memperkenalkan dan membiasakan pola hidup sehat pada anak.

"Paduan warna-warna cerah pada animasi dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatian anak. Pemilihan alur cerita juga menjadi nyawa dalam menyampaikan pesan baik yang ingin ditanamkan. Langkah inilah yang dilakukan FFI dalam menciptakan dan mengembangkan karakter Zuzhu dan Zazha," terang Mas Bambi.

Demi memperkenalkan karakter Zuzhu & Zazha kepada anak-anak di penjuru Indonesia, FFI bekerjasama dengan Alfamart, salah satu jaringan ritel ternama di Indonesia. Kolaborasi keduanya antara lain menggelar aktivitas menggambar dan mewarnai yang melibatkan 16.000 anak di 16 kota di seluruh Indonesia yang juga berhasil memecahkan rekor dan mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).



FFI dan Alfamart membantu orang tua dengan menghadirkan pilihan asupan dan jajanan yang aman dan sehat dengan menghadirkan susu cair Frisian Flag Milky yang mengusung karakter Zuzhu & Zazha di lebih dari 13.000 gerai Alfamart di seluruh Indonesia. Harapannya, inisiatif kolaboratif antara FFI dan Alfamart dapat meningkatkan gairah dan semangat hidup sehat bagi anak-anak dengan cara menyenangkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tak Hanya Outfit, Jam Tangan Juga Bisa "Saltum"

Beberapa waktu lalu di suatu acara resmi, saya bertemu dengan seorang kawan. Ia memakai outfit batik lengkap dengan pantofel, namun ada sesuatu yang sedikit mengganjal. Ternyata ia memakai jam tangan digital bertipe sport. Tentu ini sedikit mengurangi tingkat "kekerenan"-nya hanya karena "saltum" jam tangan.

Lain halnya dengan seorang kawan lainnya dimana ketika kami traveling trekking ke curug, ia menggunakan jam tangan dengan bracelet stainless steel. Memang tipe ini tahan air, tapi untuk kegiatan outdoor sangat tidak disarankan karena selain lebih berat, bahan stainless steel juga berpotensi mencederai tangan dan tidak nyaman untuk heavy activity.

Berkaca pada kedua kasus ini, ternyata bukan hanya outfit saja yang bisa salah kostum. Aksesoris seperti jam tangan juga harus memiliki penempatan yang sesuai agar tidak saltum. Jangan sampai penampilan sempurna kita dari atas sampai bawah ternoda hanya karena menggunakan jam tangan yang kurang tepat. Jam tangan yang …

Perjalanan Menuju Pagi

Gelap gulita menyergap, namun tak menyurutkan kaki untuk melangkah..

Ribuan derap langkah kaki merayap dalam sendu, sebagian terantuk sebagian tertatih..

Cahaya kecil menerangi jalan, dengan keringat yang terhapus dinginnya pagi..

Setapak demi setapak, selangkah demi selangkah, tak ada kata untuk mundur..

Dari balik daun, semburat jingga terbangun dari tidur lelapnya..

Sedikit lagi..

Sedikit lagi..

Hanya tinggal beberapa tapak langkah kaki lagi..

Di atas sana, kaki-kaki yang sudah lelah melangkah beristirahat..

Menunggu..

Menunggu..

Dan menunggu..

Cahaya keemasan itu akhirnya muncul, membayar lelah ribuan pasang mata yang menantinya..

Sebagian terdiam..

Sebagian terkejut..

Sebagian bersikap tak acuh dan menyibukkan diri..

Tak ada yang lebih indah daripada melihat anugerah Tuhan, ciptaanNya yang sempurna..

Yang menandakan, hari ini adalah hari baru, semangat baru dan harapan baru..

Lupakan yang telah berlalu, mari songsong hari baru dengan senyuman..

Selamat pagi dunia..

JNE Kini Bisa Kirim Paket ke Luar Negeri

Pernahkah Anda terpikir untuk touring ke luar negeri dengan kendaraan kesayangan? Para pecinta motor klasik dan legendaris pastinya tak ingin jauh dari tunggangannya. Namun perkara membawa motor ke luar negeri bukan hal yang mudah. Apalagi jika jaraknya terbentur laut, bukan daratan yang bisa dilalui kendaraan roda dua.

Jangan khawatir. JNE sebagai perusahaan kurir terbesar di Indonesia kini memiliki layanan untuk mengirimkan kendaraan roda dua ke luar negeri. Tentu saja keperluan pengiriman juga harus jelas, untuk keperluan pribadi, komersil, atau untuk eksebisi, alat profesional atau kemanusiaan. Karena itu dibutuhkan dokumen ATA Carnet atau CPD Carnet yang berfungsi layaknya paspor sebagai pengganti dokumen pabean nasional.

Dokumen ATA Carnet berfungsi sebagai dokumen impor dan ekspor sementara untuk barang-barang dengan keperluan pameran/eksebisi, alat profesional, pendidikan, keperluan pribadi wisatawan, keperluan pribadi olahraga dan untuk tujuan kemanusiaan. Sementara dokumen …